Pancasila sebagai Dasar Politik Negara Indonesia

Diantara banyak ideologi yang berkembang di dunia antara lain ada kapitalis, sosialis dan Islam. Di Indonesia tedapat salah satu ideologi yang tentunya layak untuk dilakukan kajian. Bernama ideologi pancasila memiliki lima buah butir pokok yang tidak hanya sebagai dasar politik negara. Akan tetapi juga dijadikan sebagai falsafah dan pandangan hidup yang lain seperti pembangunan ekonomi, landasan hukum dan HAM. Ada lima poin yang ingin ditampilkan oleh pancasila sebagai landasan pokok rakyat Indonesia dalam bernegara. Ada sila ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, demokrasi dan keadilan. Beberapa istilah ini menjadi cerminan yang baik jika diterapkan dengan sungguh-sungguh.

Begitu pentingnya pancasila sebagai nilai kehidupan berbangsa dan bernegara sebaiknya diterapkan kepada masyarakat sedini mungkin. Cara yang paling efektif adalah melalui bangku pendidikan dengan ukuran cara berfikir siswa. Karena berbeda antara anak SD dengan SMP, anak SMP dengan SMA, anak SMA dengan mahasiswa. Pancasila mewakili seluruh entitas kehidupan masyarakat Indonesia yang beragam. Mulai dari perbedaan agama, suku, ras, bahasa dan kebudayaan. Selanjutnya, dalam konteks ini nilai luhur dalam pancasila perlu direnungkan dan diterapkan dalam kehidupan politik. Agar nilai ideal yang terkandung di dalamnya bisa diterapkan. Secara teori, sangat memungkinkan tafsiran dalam pancasila ini mampu menghadirkan bentuk perilaku politik yang baik.

Pentingnya Pancasila menjadi Dasar Politik Negara

Pancasila sebagai Dasar Politik Negara Indonesia
  • Politik dan Nilai Religiusitas

Nilai-nilai agama tentunya sangat baik jika diterapkan dalam kehidupan manusia. Termasuk dalam kehidupan politik dan masing-masing agama memiliki nalar religius yang positif. Tidak mungkin agama menjerumuskan pemeluknya untuk berbuat negatif. Misalkan seperti korupsi, narkoba, penipuan, dan kejahatan lain yang tidak relevan dengan nilai-nilai agama. Termasuk dalam politik ada suap, sogok, money politik, kampanye gelap dan kecurangan lain. Hal ini bukan cerminan perilaku manusia beragama, maka pancasila sangat ideal dijadikan sebagai pentingnya pancasila menjadi dasar politik negara.

  • Politik dan Kemanusiaan

Tidak perlu diperdebatkan hingga panjang, Gus Dur pernah bilang bahwa kemanusiaan ini lebih penting dari pada politk. Maka politik harus memiliki muatan kemanusiaan. Dimana pancasila perlu tampil memberikan tafsiran agar masyarakat sebagai agen perubahan mampu memakai jabatan politik untuk menyelesaikan masalah kemanusiaan (umat). Misalnya seperti mengentaskan kemiskinan, menyelesaikan persoalan covid-19, membantu korban bencana, dan masih banyak sisi-sisi kemanusiaan yang membutuhkan uluran tangan bersama.

  • Politik dan Persatuan

Persatuan menjadi penting, akan tetapi persatuan bisa pecah akibat dari konflik politik. Di negara Indonesia pernah mendapat berbagai macam ujian perpecahan umat. Mulai dari konflik PKI dan negara, kerusuhan 98, dan demo berjilid-jilid akibat penistaan agama. Pentingnya politik untuk menjaga persatuan bangsa memang sangat dibutuhkan, khususnya adalah wujud politik yang harmonis dan merekatkan. Hal ini yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

Tidak hanya ketika sila yang ada dalam pancasila yang tersebut yang menjadi dasar politik negara. Dua sila selanjutnya tentang demokrasi dan keadilan sosial juga perlu diterapkan. Demokrasi berarti oleh rakyat, dari rakyat, untuk rakyat. Penerapan pancasila yang baik akan menjadikan negara Indonesia ke arah good government. Sebagaimana sudah disampaikan, penanaman nilai-nilai ini tidak bisa semata-mata terjadi. Perlu ada penanaman sejak kecil melalui pendidikan dan sebagainya. Di lambaga akademik (perguruan tinggi), mata kuliah pancasila selalu diterapkan di semester 1, sebagai pembelajaran yang penting dan menjadi dasar bagi para mahasiswa. Pancasila adalah nilai ideal yang perlu diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.